Thursday 23 November 2023

Pengertian konseling dalam keluarga

Konseling Keluarga


Konseling adalah bantuan yang diberikan oleh seorang konselor (konselor) kepada seorang konseli atau sekelompok konseli (klien, dibimbing, seseorang yang memiliki masalah) untuk mengatasi masalahnya dengan wawancara dengan maksud agar klien atau kelompok klien memahami lebih jelas tentang dirinya sendiri. Masalah dan memecahkan masalah. sendiri sesuai dengan kemampuannya dengan mempelajari saran saran yang diterima dari Pembimbing. Sedangkan pengertian keluarga adalah ikatan persekutuan hidup atas dasar perkawinan antara orang dewasa yang berbeda jenis kelamin yang hidup bersama atau seorang laki-laki atau perempuan yang seorang diri dengan atau tanpa anak, baik anak sendiri maupun anak angkat dan hidup dalam suatu rumah tangga.

Konseling keluarga pada dasarnya adalah penerapan konseling pada situasi khusus. Konseling keluarga ini secara khusus menitikberatkan pada permasalahan yang berkaitan dengan situasi keluarga, yang dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga. Hal ini sejalan dengan pendapat (Brammer dan Shostrom, 1982). Mereka memandang bahwa konseling keluarga secara keseluruhan, yaitu setiap anggota keluarga, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari klien, baik dalam melihat masalah maupun pemecahannya.

Sebagai suatu sistem, masalah yang dialami oleh seorang anggota keluarga akan efektif diatasi jika melibatkan anggota keluarga yang lain. Pada awalnya, konseling keluarga terutama diarahkan untuk membantu anak-anak beradaptasi lebih baik untuk belajar tentang lingkungan mereka melalui perbaikan, lingkungan keluarganya. Orang yang menjadi klien adalah mereka yang memiliki masalah pertumbuhan dalam keluarga.

Pada masa lalu, menurut Moursund (1990), konseling keluarga terfokus pada satu atau dua hal, yaitu ;

a.    keluarga berfokus pada anak-anak yang mengalami pendampingan berat seperti gangguan perkembangan dan skizofrenia, yang jelas menunjukkan kelainan; dan

b.    keluarga yang salah satu atau kedua orang tuanya tidak memiliki kemampuan, menelantarkan anggota keluarga, salah mengatur anggota keluarga, dan biasanya memiliki beberapa masalah.

Konseling keluarga juga diartikan sebagai upaya pemberian bantuan kepada individu anggota keluarga melalui sistem kekeluargaan (meningkatkan komunikasi keluarga) agar potensi dirinya berkembang seoptimal mungkin dan permasalahan dapat diatasi atas dasar kemauan membantu anggota keluarga yang dilandasi kemauan dan cinta untuk keluarga.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan konseling keluarga adalah penerapan konseling pada situasi tertentu, yaitu sebagai upaya membantu individu anggota keluarga dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan situasi keluarga dan pelaksanaannya melibatkan anggota keluarga. keluarga inti dengan menggunakan pendekatan sistem, sehingga potensi setiap anggota keluarga berkembang seoptimal mungkin dan permasalahan dapat teratasi atas dasar kemauan membantu anggota keluarga yang dilandasi kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga.

No comments:

Post a Comment