Kamis, 25 April 2013

DAFTAR CEK MASALAH


DAFTAR CEK MASALAH ( DCM )

    Daftar Cek Masalah adalah daftar berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan masalah yang diasumsikan biasa dialami oleh individu dalam tingkat perkembangan tertentu. DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami oleh individu, dengan merangsang atau memancing individu untuk pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialaminya.
                  Dalam hal penulis merancang bentuk DCM sendiri yang merupakan perpaduan dari contoh-contoh DCM yang sudah banyak digunakan di sekolah-sekolah. DCM hasil rancangan penulis ini terdiri dari 240 butir pernyataan dan 3 butir pertanyaan yang terbagi dalam 5 bidang. 4 bidang sesuai dengan bidang bimbingan yakni : pribadi, sosial, belajar dan karir.
Beberapa aspek yang berusaha diungkap lewat DCM ini adalah :
•    Kesehatan
•    Keadaan Penghidupan
•    Rekreasi dan Hobi
•    Kehidupan Keluarga
•    Agama dan Moral
  Kehidupan Sosial dan Keaktifan Berorganisasi
•    Hubungan Pribadi
•    Muda-Mudi
•    Penyesuaian Terhadap Sekolah
•    Masa Depan dan Cita-cita Pendidikan Jabatan
Fungsi dari DCM
a.       Untuk memudahkan individu mengemukakan masalah yang pernah atau sedang dihadapi.
b.      Untuk mensistimatisasi jenis masalah yang ada pada individu agar memudahkan analisa dan sintesa dengan data yang diperoleh dengan cara/alat lain.
c.       Untuk menyusun program pelayanan konseling agar sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa.

Cara Pengerjaan DCM
a.   Siswa diminta menuliskan identitasnya secara lengkap sesuai format isian yang disediakan dalam lembarjawab DCM.
b.   Siswa dipersilahkan membaca item-item yang di dalamnya berisi pernyataan-pernyataan yang mengandung permasalahan-pennasalahan yang biasa dialami oleh individu.
c.   Siswa diminta menuliskan nomer item pernyataan di lembar jawab, jika masalah tersebut sesuai dengan yang pemah dialami atau sedang dialami
d.   Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan dengan jujur, dengan memberikan jaminan kerahasiaan akan semua jawabannya
e.   Menginformasikan bahwa hasil DCM akan dijadikan acuan dalam memberikan layanan (bantuan) pada siswa.
f.    Waktu yang diberikan pada siswa setara dengan satu jam pelajaran, yakni 40 menit.
Pengolahan Hasil Instrumen
                  Dalam pengolahannya DCM ini dapat dianalisa secara kelompok dan individu, sedangkan aspek yang dianalisa adalah per-butir masalah dan per-topik.
Langkah-langkah analisa secara individual adalah sebagai berikut :
a.   Menjumlah item yang menjadi masalah individu pada setiap topik masalah.
b.   Mencari presentasi per-topik masalah dengan cara mencari rasio antara jumlah butir yang menjadi masalah dengan butir topik masalah.
                 
Nm      :           Jumlah butir yang menjadi masalah individu dalam setiap Topik
N         : Jumlah butir pada topik masalah tersebut.
c.   Mencari jenjang (rangking) masalah dengan cara mengurutkan % topik masalah mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil.
d.   Mengkonversikan % masalah ke dalam predikat nilai A, B, C, D, dan E sebagai berikut :
0 %                                  =   A (Baik)
1 % -10 %                        =   B (Cukup Baik)
11%-25%                         =   C (Cukup)
26 % - 50 %                     =   D (Kurang)
51 % -100 %                    =   E (Kurang Sekali)
Langkah-langkah analisa secara kelompok adalah sebagai berikut:
a.Analisa per-butir masalah
• Menjumlahkan banyaknya siswa yang mempunyai butir masalah yang sama un tuk setiap butir.
• Mencari prosentase masalah dengan cara mencari rasio antara banyaknya siswa yang bermasalah untuk butir tertentu dengan jumlah siswa
Nm      :         Banyaknya siswa yang bermasalah untuk butir tertentu.
N         :         Banyaknya siswa yang mengerjakan DCM
b.Analisa per-topik masalah
          Harus diketahui jumlah siswa yang mengerjakan DCM
•           Harus diketahui jumlah butir yang menjadi masalah siswa (dicek)
•           Menghitung Prosentase permasalahan topik
Nm      :         Jumlah butir masalah yang dicek
N         :         Jumlah siswa yang mengerjakan DCM
m         :         Jumlah butir dalam topik masalah

Penyampaian Hasil
                  Hasil dari pengolahan Instrumentasi perlu disampaikan kepada fihak-fihak yang terkait secara langsung dengan responden. Dalam penyampaian hasil instrumentasi ini tetap harus menjaga kerahasiaan, tidak boleh disampaikan/diumumkan secara terbuka dan dijadikan pembicataan umum.
                  Dalam forum khusus, hasil instrumentasi dapat dijadikan topik bahasan/diskusi, namun tetap harus menjaga kerahasiaan responden (tidak menyebut nama responden).
                  .Dari keseluruhan penyelenggaraan Aplikasi Instrumentasi ini hasil yang diperoleh disampaikan kepada masing-masing responden, dalam bentuk Profil Individual, sedangkan kepada Guru bimbingan dan konseling/Kepala Sekolah diberikan Data rekap dan data pendukung lainnya, sebagai bahan untuk pemberian layanan lebih lanjut.
                  Penyampaian hasil instrumentasi kepada masing-masing responden akan lebih baik apabila disampiakan secara individual, sehingga konselor dapat berkomunikasi dan menjelaskan isi dari laporan hasil instrumentasi yang akan diberikan dalam bentuk format individual, dan sekaligus bagi siswa yang memiliki permasalahan dapat diberikan penjelasan untuk langkah-langkah tindak lanjut berikutnya

IMPLIKASI HASIL APLIKASI INSTRUMENTASI DALAM PELAYANAN KONSELING
                  Hasil Aplikasi Instrumentasi pada hakekatnya dapat diaplikasikan dalam seluruh spektrum kegiatan pelayanan konseling, mulai dari perencanaan sampai dengan penilaian dan pengembangannya. Bahkan memungkinkan kegiatan Aplikasi Instrumentasi ini merupakan langkah yang menentukan dalam penentuan pemberian layanan konseling
                  Secara umum Implikasi hasil Aplikasi Instrumentasi ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Perencanaan Program Konseling.
Penyusunan program layanan konseling di sekolah, baik program tahunan maupun semesteran seharusnya didasarkan pada data tentang variasi masalah siswa, hasil ulangan/ujian, bakat dan minat serta kecenderungan siswa, dan data lainnya yang kesemuanya terkumpul dalam kegiatan Need Assessment..
Hasil Aplikasi Instrumentasi secara jelas telah menunjukkan berbagai data  yang menyangkut kondisi responden, maka akan ditemuka Need Assessment sebagai dasar penyusunan/perencanaan Program Konseling. Dengan data yang lengkap dari Aplikasi Instrumentasi ini dapat dirumuskan Program Konseling secara menyeluruh, untuk setiap kelas, dengan mengacu kepada kebutuhan siswa, baik perorangan maupun kelompok. Pada intinya untuk berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling direncanakan berdasarkan data hasil Need Assessment.

2.      Penetapan Peseta Layanan
Berdasarkan data hasil instrumentasi, Konselor dapat menetapkan individu yang perlu mendapat layanan konseling, baik layanan dengan format klasikal, kelompok maupun individual. Kegiatan dengan format lapangan dan “politik” bagi klien tertentupun dapat direncanakan oleh Konselor dengan mendasarkan pada hasil Aplikasi Instrumentasi ini.

3.      Sebagai Isi Layanan
Data yang terungkap dari penyelenggaraan Aplikasi Instrumentasi ini dapat pula menjadi isi dari layanan konseling.Hal ini disebabkan karena dalam penyelenggaraan Aplikasi Instrumentasi khususnya yang mengungkap tentang hubungan sosial (sosiogram), inteligensi, bakat dan minat dapat dijadikan sebagai isi layanan  Untuk hal ini diperlukan  kecermatan Konselor dalam melihat relevansi antara hasil Aplikasi Instrumentasi dengan kebutuhan Klien dan menggunakannya secara tepat, dengan senantiasa menerapkan asas kerahasiaan sebagaimana mestinya.

4.      Tindak lanjut Layanan
Hasil instrumentasi, khususnya hasil evaluasi (laiseg, laijapen dan laijapang) dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi upaya tindak lanjut pelayanan terhadap klien. Kecermatan Konselor terhadap kesesuaian antara hasil evaluasi dan upaya tindak lanjutnya sangat diperlukan.

5.      Pengembangan.
Dalam upaya pengembangan layanan konseling, dasar utama yang diperlukan adalah data yang akurat dan handal. Dalam hal ini, data hasil Aplikasi Instrumentasi dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi dapat secara tepat menunjang pengembangan program pelayanan konseling dalam jangka panjang. Dalam hal ini diperlukan berbagai instrumentasi yang komprehensip, dari berbagai kelompok responden dalam jangka waktu yang relatif memadai. Dengan data gabungan tersebut, akan nampak arah pokok yang dapat dijadikan arah dan garis besar pengembangan layanan konseling.
Secara khusus, penyelenggaraan Aplikasi Instrumentasi Daftar Cek Masalah (DCM) yang telah penulis laksanakan, implikasinya dalam layanan konseling dapat dijelaskan sebagai berikut :
Setelah pengolahan data angket DCM ini akan diperoleh suatu gambaran yang berkaitan dengan permasalahan dan kebutuhan nyata siswa, yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam merencanakan layanan-layanan yang akan diberikan pada siswa
Sebagai Contoh : Berdasarkan hasil analisa DCM di kelas IX C SMP 1 Mejobo Kudus, diketahui kebutuhan layanan konseling adalah :
No
Bid. Bimbingan
Kebutuhan / Permasalahan
1.
Pribadi
a.       Pola Hidup Sehat
b.      Pengamalan Ibadah/Agama
c.       Mengembangkan hoby yang tidak mengganggu kegiatan belajar
2.
Belajar
a.       Cara Belajar yang Efektif
b.      Sulit mengikuti Pelajaran
c.       Kesulitan mengikuti pelajaran tertentu
d.      Memanfaatkan waktu luang
e.       Meningkatkan motivasi belajar
3.
Sosial
a.       Beradaptasi dengan lingkungan baru
b.      Mengenal dan memahami nilai kehidupan
c.       Bersosialisasi sesuai dengan norma yang ada
d.      Bergaul dengan lawan jenis
e.       Mengembangkan sikap toleransi
4.
Karir
a.       Mengenal dan memahami bakat dan minat
b.      Mengembangkan potensi diri
c.       Merencanakan masa depan berdasarkan ba-kat, minat dan lingkungan

Sedangkan berdasar prioritas siswa yang perlu mendapatkan prioritas layanan beserta permasalahan yang dialami adalah :
No
Kode Siswa
L/P
Topik Yang Memiliki Derajad Masalah Tinggi
Jumlah Masalah yang dialami

1
40
L
Kebiasaan Belajar
15



Penyesuaian thd sekolah
14



Kehidupan sosial& berorganisasi
14



Penyesuaian thd kurikulum
13



Hub. Pribadi
12
2
21
L
Penyesuaian thd kurikulum
12



Kebiasaan Belajar
12



Masa Deapan & Cita-cita
11



Penyesuaian thd sekolah
11
3
37
L
Kehidupan sosial& berorganisasi
9



Rekreasi dan hobi
8



Hub. Pribadi
8
4
10
P
Masa Deapan & Cita-cita
10



Keadaan Ekonomi
7
5
6
P
Kesehatan
7



Hub. Pribadi
7



Kehidupan sosial& berorganisasi
7



Masa Deapan & Cita-cita
7
6
31
L
Rekreasi dan hobi
8



Kesehatan
7



Kehidupan Keluarga
7
7
30
L
Kesehatan
9



Rekreasi dan hobi
8



Hub. Pribadi
7

Form Daftar Cek Masalah



ANGKET MASALAH
Pilihlah masalah-masalah di bawah ini yang anda  rasakan sesuai dengan kenyataan yang ada
pada saat ini !
I
PRIBADI
A
APA MASALAH KESEHATANMU ………………
1
Sering sakit ketika di SD.
11
Sering kurang / tidak dapat tidur ?
2
sering sakit ketika di SMP.
12
Merasa lelah dan tidak bersemangat ?                                
3
jantung sering terasa berdebar-debar.
13
Makanan kurang memenuhi syarat kesehatan ?
4
Sering keluar keringat ?
14
kurang makan sehingga sering merasa lapar
5
Kesehatan sering terganggu ?
15
Sering merasa mengantuk
6
Pernah dioperasi ?
16
Penglihatan saya kurang ?
7
Merasa terlalu gemuk ?
17
pendengaran saya kurang
8
Merasa terlalu Kurus ?
18
Saya sering pusing / pening ?
9
Selalu kurang nafsu makan ?
19
Saya menderita gugup
10
Merasa kurang bahagia karena cacat ?
20
Kurang hawa segar
B
MASALAH KEADAAN KEHIDUPAN EKONOMI
21
Uang saku saya tidak mencukupi
31
saya ingin mempunyai sendiri
22
Kekurangan buku-buku karena tidak mampu membeli
32
penerangan lampu di rumah tidak cukup
23
ayah sudah pensiun dan tidak bekerja lagi
33
Terpaksa sering menunggak membayar SPP
24
ayah sudah meninggal dan ibu tidak bekerja lagi
34
selalu berjalan kaki ke sekolah sedang rumah jauh
25
terpaksa harus bekerja karena ekonomi tidak cukup
35
orang tuaku tidak mempunyai penghidupan tetap
26
orang tua tidak bekerja sehingga harus bekerja
36
uang sekolahku terlalu tinggi
27
banyak adik yang masih menjadi tanggungan orang tua
37
tidak ada uang untuk membeli pakaian
28
tidak tahu bagaimana cara menambah biaya sekolah
38
ibuku harus bekerja untuk biaya sekolahku
29
saya sering pinjam uang
39
mengharapkan mendapat beasiswa
30
40
ikut bersama saudara yang penghasilannya pas-pasan
C
MASALAH REKREASI / HOBI DENGAN WAKTU LUANG
41
hampir tidak mempunyai waktu luang untuk bermain
51
42
keinginan untuk rekreasi selalu terhalang
52
43
gemar melukis tetapi tidak mempunyai alat
53
saya ingin belajar menari/main sandiwara tetapi tidak diijinkan
44
pada waktu libur saya harus bekerja
54
kesenangan membaca majalah sering menghabiskan waktu belajarku
45
suka olahraga tetapi tidak ada kesempatan
55
habis waktu untuk nonton TV
46
tidak suka olahraga walaupun ada kesempatan
56
orang tuaku tidak pernah mengajak rekreasi
47
hobiku selalu mengganggu belajarku
57
terlalu sering rekreasi ke luar kota
48
lebih suka buku-buku hiburan daripada buku pelajaran
58
senang menyanyi tetapi tidak ada kesempatan
49
setiap ganti film saya nonton
59
kedatangan temanku menghabiskan waktu belajarku
50
gemar melukis tetapi tidak mempunyai waktu
60
waktu belajar saya habis untuk main catur
D
KEHIDUPAN KELUARGA
61
saya seorang anak tunggal
71
orang tua saya terlalu banyak bepergian
62
saya tidak hidup bersama orang tua
72
orang tua mencampuri urusanku
63
selalu bertengkar dengan adik/kakak
73
sukar menyesuaikan diri dengan ayah/ibu
64
ayah dan ibu pulang kerja terlalu petang
74
di rumah saya kurang merasa senang
65
tidak pernah bergembira dengan ayah dan ibu
75
kehidupan di rumah kurang teratur
66
di rumah hampir tidak ada waktu untuk diri sendiri,
76
ingin mengadakan perubahan di rumah
selalu sibuk dengan tugas-tugas di rumah
77
keluarga kami kurang tolong-menolong
67
pertentangan ayah&ibu di rumah mengganggu fikiran saya
78
ayah dan ibu tidak hidup bersama
68
mata pencaharian di rumah mengganggu fikiran saya
79
keluarga kami berantakan
69
pendapat keluarga yang kolot menyebabkan saya
80
mempunyai ayah dan ibu tiri
tidak dapat meneruskan sekolah/pelajaran
70
orang tua kurang memperhatikan saya
E
MASALAH AGAMA DAN MORAL
81
masih meragukan adanya Tuhan
91
merasa tidak berkewajiban untuk menghormati
82
Masih meragukan adanya tuhan
tiap-tiap agama
83
malas bersembahyang
92
merasa terganggu juka ada orang lain menjalankan ibadahnya
84
ingin pindah agama
93
tidak menyadari sebagai makhluk Tuhan
85
sering berdusta atau tidak jujur
94
merasa tidak berkewajiban menyembah Tuhan
86
ucapan dan perbuatan sering tidak sesuai
95
merasa tidak bebas dalam menganut Agama
87
sering mengambil barang orang lain
96
selalu merasa bertentangan dengan ajaran yang saya anut
88
sering tidak mengembalikan barang pinjaman
97
sopan santun lahir lebih berharga bagi saya
89
sering mempermainkan orang lain
98
tidak mempunyai rasa hormat terhadap pemeluk agama lain
90
pernah melanggar kesusilaan
99
saya merasa berdosa sekali
100
agama tidak merupakan kebutuhan bagi saya
II
SOSIAL
F
MASALAH HUBUNGAN SOSIAL DAN BERORGANISASIKAH ?
101
Tidak senang bermain dalam kelompok
111
Tidak pernah mengemukakan suatu pendapat
102
Sering gagal dalam usaha mencari teman
112
Sering bertentangan dg pendapat orang lain
103
Sukar bergaul
113
Sukar menerima kekalahan
104
Merasa tdk disenangi kawan-kawan di luar sekolah
114
Selalu ingin berkuasa dalam bergaul
105
Tidak berminat dalam organisasi
115
Bingung bila berhadapan dengan orang banyak
106
Terlalu aktif dlm organisasi
116
Mudah merasa malu
107
Sukar menyesuaikan diri
117
Mudah marah
108
Mudah tersinggung
118
Sering tidak sabar
109
Takut bergaul dengan atasan
119
Sering tidak menepati janji
110
Tidak tertarik menjadi pemimpin
120
sering ditegur karena tidak sopan
G
MASALAH PRIBADI
121
Tidak suka bergaul dg orang lain yg kedudukannya
131
Bersikap dingin dalam bergaul
lebih rendah
132
sering menyesali diri sendiri
122
Tidak suka bergaul dg orang lain yg kedudukannya
133
Sering ingin bunuh diri
lebih tinggi
134
Merasa pesimis ( tdk punya harapan)
123
Sering merasa malu dg kawan lawan jenis
135
Saya ingin lebih menarik
124
Sering merasa iri hati
136
saya ingin sekali dikagumi
125
Sukar mendapat teman
137
saya tidak mempunyai kawan yang akrab
126
Tidak suka bertamu
138
saya merasa diri saya tidak sebaik orang lain
127
Enggan menerima tamu
139
saya mempunyai kebiasaan jelek
128
Merasa rendah diri
140
saya ingin hidup lebih tenang lagi
129
Sering merasa curiga thdp orang lain
130
Bersikap kaku dan tdk toleran
H
MASALAH MUDA MUDI  ?
141
sering melamun memikirkan dia
151
sering dibujuk ibu untuk menikah
142
saya tidak dapat belajar kalau si dia tidak berkirim surat
152
luka hatiku menyebabkan sukar untuk mencintai orang lain
143
saya ragu-ragu terhadap pacar saya
153
sukar bergaul dengan jenis kelamin lain
144
pacarku sealu mengajak aku keluar
154
jodohku ditentukan oleh orang tua
145
saya kesepian karena belum mempunyai pacar
155
dilarang berpacaran
146
iri melihat kawan-kawan berpasangan
156
saya mudah merasa cemburu terhadap teman putra/putri
147
menggunakan waktu banyak untuk bersolek
157
berpacaran merupakan kebutuhan yang penting bagi saya
148
memilih calon suami atau istri sukar bagiku
158
bergaul dengan teman sejenis lebih menyenangkan daripada dengan lawan jenis
149
mudah mencintai tetapi juga mudah melepaskan
159
pacar saya bersifat egois
150
sering bertepuk sebelah tangan
160
saya bersikap terbuka dengan pacar saya
III
BELAJAR
I
MASALAH PENYESUAIAN TERHADAP SEKOLAHKAH ?
161
Sering malas masuk sekolah
171
saya sering datang terlambat
162
jurusan saya sekarang tidak sesuai dengan keinginan saya
172
saya sering absen
163
saya ingin pindah sekolah lain
173
saya merasa dibenci oleh kawan-kawan saya di sekolah
164
saya ingin pindah kelas lain
174
Seorang kawan selalu menjengkelkan saya
165
merasa kurang dimengerti oleh guru
175
tidak ada teman yang saya sukai untuk belajar
166
peraturan sekolah terlalu menekan saya
176
merasa salah memilih jurusan
167
pribadi salah seorang guru menyebabkan
177
sering tidak dapat menyelesaikan tugas sekolah
pelajaran tidak kuperhatikan
178
hubungan dengan guru kurang akrab
168
beberapa mata pelajaran kuanggap tidak perlu
179
catatan pelajaran tidak lengkap dan tidak teratur
169
di sekolah tidak dapat memusatkan perhatian
180
merasa diperlakukan tidak adil oleh guru
170
J
MASALAH PENYESUAIAN TERHADAP KURIKULUMKAH ?
181
Pelajaran di sekolah terlalu berat
191
tidak senang belajar bersama
182
Pelajaran disekolah terlalu mudah
192
sukar menangkap dan mengikuti pelajaran Matematika dan Fisika
183
enggan mengikuti kegiatan di luar sekolah
193
sering khawatir kalau-kalau mendapat giliran
184
sukar mendapat buku-buku pelajaran
194
sering mendapat kesukaran dalam mengerjakan tugas pekerjaan rumah
185
sulit mengerti isi buku pelajaran
195
sukar mempelajari ilmu kimia dan biologi
186
saya takut terhadap ulangan
196
merasa kurang memiliki pengetahuan dasar
187
197
sukar menyesuaikan diri dengan suasana belajar di kelas
188
saya tidak suka belajar
198
sulit mengerti isi buku pelajaran yang dibaca
189
saya tidak berminat terhadap buku-buku
199
merasa beban pelajaran terlalu berat
190
saya sering mendapat angka rendah
200
merasa pelajaran tidak berguna
IV
KARIER
K
MASALAH MASA DEPAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN JABATANKAH ?
201
khawatir tidak dapat berdiri sendiri kelak
211
takut cita-citaku tidak tercapai
202
saya tidak tahu berbuat apa setelah tamat sekolah
212
cita-citaku tidak disetujui orang tua
203
ingin melanjutkan sekolah tetapi juga ingin bekerja
213
cita-cita terganggu oleh hobi
204
bagiku sukar untuk menetapkan pilihan perguruan tinggi
214
belum mempunyai cita-cita tertentu
205
bagiku sulit untuk memilih jabatan
215
tidak ada orang yang membantu mengenali cita-cita
206
216
cita-cita selalu goyah
207
khawatir tidak diterima di perguruan tinggi
217
sekolah tidak menjamin masa depanku
208
ingin mengetahui bakat dan kemampuan yang dimiliki
218
mudah terpengaruh cita-xdita orang lain
209
cita-citaku tidak sesuai dengan kemampuan
218
koneksi adalah unsur  yang menentukan masa depan saya
210
ingin melanjutkan sekolah tetapi tidak ada biaya
220
masa depan saya tidak ditentukan oleh usaha saat sekarang.