Friday 26 July 2013

Contoh Form Angket


KUESIONER
PENGUKURAN KONSEP DIRI
Nama              : ......................................
Kelas   : ..........................................
No.Absen       : ......................................
Jurusan: ..........................................

A.      Petunjuk Pengisian
1.    Tulislah identitas diri anda dengan lengkap.
2.    Bacalah dengan cermat kemudian jawablah semua pertanyaan sesuai dengan diri anda.
3.    Satu pertanyaan hanya ada satu jawaban dan jawaban anda berguna sekali bagi peneliti.
4.    Pilih salah satu jawaban yang sesuai dengan pendapat anda dengan cara memberi tanda centang (√) pada salah satu kolom SS (sangat setuju), S (setuju), RG (ragu-ragu), TS (tidak setuju) atau STS (sangat tidak setuju) pada lembar jawaban yang sudah disediakan.
5.    Peneliti mengucapkan terima kasih atas kesediaan anda menjadi responden penelitian.
B.    Item Pernyataan
No
Pernyataan
SS
S
RG
TS
STS
1
Saya percaya dengan kemampuan yang saya miliki.





2
Saya bergaul dengan orang yang setara dengan saya





3
Pujian dari orang lain motivasi buat saya.





4
Saya cuek apa yang dilakukan oleh teman saya.





5
Saya selalu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan pada diri saya.





6
Saya ragu akan kemampuan yang saya miliki.





7
Saya berteman tidak memandang harta maupun derajat.





8
Pujian yang saya terima bisa membanggakan diri saya.





9
Saya mengerti kondisi yang dialami oleh orang lain.





10
Saya sulit mengubah perilaku saya meskipun itu jelek menurut teman-teman saya.





11
Dengan penuh percaya diri saya mampu menyelesaikan masalah yang sedang saya hadapi.





12
Pendapat saya selalu benar.





13
Saya tidak akan silau dengan pujian yang diberikan kepada saya.





14
Sayatidak peduli dengan perkataan orang lain.





15
Apabila saya terlanjur memberikan ungkapan yang tidak disenangi oleh orang lain saya berusaha mengubahnya.





16
Saya tidak bisa menyelesaikan masalah saya sendiri.





17
Saya menghargai orang lain yang telah memberikan kritikan kepada saya.





18
Dengan banyaknya pujian saya sebagai siswa yang paling hebat dikelas





19
Saya merasa bahwa saya sebagai figur yang bisa diterima oleh banyak teman





20
Saya tidak pernah salah dalam perkataan maupun perbuatan.





21
Saya tidak pernah lari dari masalah yang terjadi pada diri saya.





22
Saya merasa apa yang saya lakukan tidak bisa dilakukan oleh teman saya.





23
Pujian yang diberikan kepada saya merupakan penyemangat dalam kehidupan saya.





24
Saya menghiraukan apa yang dikatakan orang tua saya





25
Saya merasa sanggup mengubah prinsip saya bila pengalaman yang saya alami salah.





26
Setiap ada masalah yang saya hadapi sulit mencari jalan keluarnya.





27
Saya tidak pernah membedakan dalam bergaul di lingklungan rumah maupun di tempat sekolah.





28
Sifat membanggakan diri kadang muncul akibat pujian yang diberikan kepada saya.





29
Pendapat orang lain sebagai masukan yang perlu dihargai.





30
Saya merasa diri saya, belum bisa mempunyai kelebihan apapun dibandingkan dengan teman saya.





31
Saya selalu bertanggung jawab apabila ada masalah.





32
Saya merasa paling hebat dibandingkan teman saya





33
Pujian bagi saya merupakan cambuk bagi saya.





34
Sayatidak mau tahu apa yang dilakukan oleh teman saya.





35
Saya akan berusaha memperbaiki tingkah laku apabila apa yang saya lakukan salah.





36
Saya merasa kurang mampu menyelesaiakan masalah saya.





37
Saya terima dengan ikhlas apabila ada yang mencela saya.





38
Saya kurang senang apabila ada teman yang tidak memberikan pujian atas prestasi yang saya raih.





39
Saya sebagai figur yang tidak mudah marah





40
Saya merasa bahwa diri saya tidak mempunyai kekurangan apapun.





41
Saya percaya setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya.





42
Saya tipe orang yang perfect dalam segala- galanya..





43
Pujian dari teman sebagai motivasi saya untuk tetap maju dalam meraih cita-cita.





44
Saya membiarkan permintaan bantuan yang diinginkan oleh teman saya.





45
Saya merasa mampu memperbaiki diri saya dan berusaha mengubah kekurangan yangada pada diri saya.





46
Saya kurang percaya diri sehingga merasa tidak mampu mengatasi masalah.





47
Saya selalu mendengarkan semua apa yang dikatakan oleh orang tua.





48
Saya mengharapkan pujian dari teman saya





49
Saya mengetahui niat orang lain untuk minta bantuan kepada saya.





50
Saya dalam berperilaku lebih baik dari teman- teman saya.







                                                                                                Sumberrejo, . . .  Januari 2013
                                                                                                            Responden,




                                                                                               ..................................................











LAMPIRAN
VaRiabel
Indikator
No.item
+

jml
No.item
-

jml
Jml total
1. Yakin akan kemampuan mengatasi masalah

1,11,21,31,41

5

6,16,26,36,46


5


10


2. Merasa setara dengan orang  lain

7,17,27,37,47

5

2,12,22,32,42

5

10
Y= Konsep diri siswa
3. Menerima pujian tanpa rasa malu

3,13,23,33,43

5

8,18,28,38,48

5

10

4. Peka terhadap orang lain

9,19,29,39,49

5

4,14,24,34,44

5

10

5. Mampu memperbaiki diri

5,15,25,35,45

5

10,20,30,40,50

5

10


jumlah


25


25

50

No comments:

Post a Comment