Wednesday 6 February 2013

MERUBAH FORMAT AVI MENJADI MPEG (UNTUK VCD)


Postingan kali ini saya akan memberikan informasi cara merubah atau encode file Video AVI menjadi MPEG (untuk VCD). Informasi ini mungkin bisa digunakan untuk anda yang ingin mengkoleksi video untuk di masukan ke dalam VCD yang bisa di lihat atau di play pada VCD di rumah anda. Biasanya file video yang di hasilkan dari download maupun dari shoot kamera digital berformat AVI, untuk bisa di putar pada VCD anda tentunya harus merubah file video AVI tersebut menjadi MPEG. 

Untuk merubah file AVI menjadi MPEG anda membutuhkan sofwer encoding yang harus di gunakan. Ada banyak jenis program encoding yang bisa anda gunakan salah satunya yaituTMPEG Encoder.
Sebagai contoh saya menggunakan program TMPEG Encoder. program ini sangat mudah di gunakan dengan kapasitas yang kecil anda bisa langsung menggunakan program ini tanpa harus menginstal terlebih dahulu.

Sekarang kita coba cara merubah file AVI menjadi MPEG dengan TMPEG Encoder.
Langkah pertama pastikan program TMPEG Encoder ini ada di komputer anda, kalau belum ada silahkan anda klik link Download TMPEG Encoder
Buka folder Program TMPEG Encoder dan klik ikon seperti ini.
Maka akan muncul Project Wizard. pada Video CD pilih PAL lanjutkan dengan Next.
Masukan file video AVI anda pada Browse - Video File lanjutkan dengan Next.
Akan muncul Filter Setting, biarkan kosong kotak ceklist-y lanjutkan denan Next.
Akan Muncul Bitrate Setting tidak ada yang perlu dirubah pada opsi ini jadi lanjutkan dengan Next.
Maka muncul Specifies MPEG File name..... tentukan tempat File video tersebut akan di simpan, setelah itu ceklist Star Encoding imediately dan klik Ok.
Proses encoding sedang di mulai tunggu beberapa saat sampai selasai.
Nah sekarang file AVI anda telah berubah menjadi MPEG silahkan anda backup file MPEG tersebut pada CD. dan coba anda mainkan pada VCD anda. Smoga berhasil.

No comments:

Post a Comment