Kamis, 22 November 2012

FILSAFAT ILMU

HAKIKAT FILSAFAT DAN FILSAFAT ILMU

Suatu peristiwa atau kejadian pada dasarnya tidak pernah lepas dari peristiwa lain yang mendahuluinya. Demikian juga dengan timbul dan berkembangnya  filsafat dan ilmu. Menurut Rinjin (1997 : 9-10), filsafat dan ilmu timbul dan berkembang karena akal budi, thauma, dan aporia.
Istilah filsafat yang merupakan terjemahan dari philolophy (bahasa Inggris) berasal dari bahasa Yunani  philo  (love  of  )  dan  sophia (wisdom). Jadi secara etimologis filsafat artinya cinta atau gemar akan kebajikan (love of wisdom). Cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya kebenaran sejati atau kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat berarti hasrat atau keinginan yang sungguh-sungguh akan kebenaran sejati. Demikian arti filsafat pada mulanya.
Berdasarkan arti secara etimologis sebagaimana dijelaskan di atas kemudian para ahli berusaha merumuskan definisi  filsafat. Ada yang menyatakan bahwa filsafat sebagai suatu usaha untuk berpikir secara radikal dan menyeluruh, suatu cara berpikir dengan  mengupas sesuatu sedalam-dalamnya. Aktivitas tersebut diharapkan dapat menghasilkan suatu kesimpulan universal dari kenyataan partikular atau khusus, dari hal yang tersederhana sampai yang terkompleks. 
Kattsoff, sebagaimana dikutip oleh Associate Webmaster Professional (2001), menyatakan karakteristik filsafat sebagai berikut.
1)   Filsafat adalah berpikir secara kritis.
2)   Filsafat adalah berpikir dalam bentuk sistematis.
3)   Filsafat mengahasilkan sesuatu yang runtut.
4)   Filsafat adalah berpikir secara rasional.
5)   Filsafat bersifat komprehensif.
Berikut ini adalah Materi materi yang terkait dengan Ilmu Filsafat
file nya ada yang berformat Doc, Ppt, dan Pdf,,,siapa saja yang mau ambil disilahkan....
Link nya ada dibawah Ini.............................

2. Pengantar Filsafat.doc
3. filsafat ilmu dan metode riset.pdf
4. filsafat Ilmu.pdf
5. pengantar filsafat dan ilmu.pdf